jawaban Soal Ulangan Harian Informatika Kelas 8 SMP Labschool Jakarta

8F_02_Alana Jasmine Kirana Tobing


1. Kurikulum Informatika terdiri atas 8 elemen. Sebutkan kedelapan elemen tersebut!
  • Berpikir Komputasional (BK),
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), 
  • Sistem Komputer (SK), 
  • Jaringan Komputer dan Internet (JKI), 
  • Analisis Data (AD), 
  • Algoritma dan Pemrograman (AP), 
  • Dampak Sosial Informatika (DSI), dan 
  • Praktika Lintas Bidang (PLB)



2. Apakah siswa atau peserta didik dapat memahami konsep dan implementasi informatika dengan lebih baik dan bermakna dengan tidak menggunakan Komputer? Jelaskan pendapat kamu dalam bentuk kalimat.

menurut aku aktivitas-aktivitas mode unplogged sangat baik dan bermakna tetapi akan lebih baik jika menggunakan komputer karena kita dapat memanfaatkan sistem komputer untuk menyelesaikan masalah kita.



3. Sebutkan 6 prinsip yang perlu dipahami oleh siswa atau peserta didik dalam mempelajari Informatika!
  • Informatika didasari berpikir komputasional (computational thinking) sebagai landasan berpikir. Berpikir merupakan elemen paling penting dalam belajar.
  • Informatika bukan hanya memakai gawai atau komputer, tetapi juga memakai aplikasi (perangkat lunak) dan memahami sistem komputasi. Informatika merupakan salah satu cabang ilmu seperti halnya matematika, biologi, dan ekonomi.
  • Informatika terdiri atas konsep keilmuan dan praktik, dikemas dalam aktivitas pembelajaran yang diharapkan akan menjadi pengalaman belajaryang menyenangkan, bermakna, dan berkesan untuk kemudian dapat diterapkan dalam menyelesaikan persoalan kehidupan sehari-hari,
  • Informatika merupakan ilmu yang berinteraksi dengan semua bidang lain. Oleh sebab itu, setelah belajar Informatika, kalian perlu memikirkan: Apa kaitannya dengan mata pelajaran dan bidang lain? Apa yang kudapatkan pada pembelajaran Informatika? Apa yang dapat membantuku untuk memahami mata pelajaran lain dengan lebih baik dan sebaliknya? Apa yang dapat kuterapkan untuk menyelesaikan kan persoalan yang kuhadapi dalam kehidupan sehari-hari?
  • Pembelajaran Informatika akan mendidik kalian suatu hari menjadi pencipta ide, karya digital kreatif, aplikasi atau sistem komputasi di dunia digital, bukan hanya sebagai pengguna teknologi atau konsumen produk.
  • Pembelajaran Informatika kelas VIII ini dilakukan sebagai kelanjutan pembelajaran kelas VII, untuk pendalaman konsep Informatika dan pembentukan keterampilan dan pembentukan karakter yang mencerminkan Profil Pelajar Pancasila



4. Coba kalian tuliskan dan berikan contoh belajar informatika tanpa menggunakan Komputer dan internet!

contohnya adalah saat membuat jus buah, kita memerlukan algoritma. yaitu mengupas buah, memotong buah, lalu memasukan buah, air, serta es ke dalam blender dan jadi deh



5. Apa definisi Profil Pelajar Pancasila?, Sebutkan keenam dimensi Profil pelajar pancasila tersebut!

sejumlah karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik, yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila.

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia; Berkebinekaan global; Bergotong royong; Mandiri; Bernalar kritis; dan Kreatif.



6. Apakah selama ini kamu sudah menjalankan kegiatan sehari-hari dengan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila? Tuliskan jawabanmu dalam bentuk kalimat dan jelaskan apa saja yang sudah kamu lakukan dalam kegiatan sehari-hari!

iya, saya selalu menjaga shalat 5 waktu, saya suka bekerjasama dengan orang lain saat mengerjakan tugas kelompok, saya dapat melakukan kewajibanku tanpa disuruh orang tua, dan lain sebagainya



7. Proyek apa yang sudah kalian kerjakan dari guru INFORMATIKA secara berkelompok?

saya pernah ditugaskan secara berkelompok untuk membuat rangkuman materi informatika pada kelas 7. 



8. Apakah kalian telah menerapkan berpikir komputasional (BK) untuk menyelesaikan persoalan persoalan sehari-hari? Tuliskan dalam bentuk kalimat dan berikan contoh-contohnya!

iya pernah, contohnya adalah saya menggunakan google maps untuk mengetahui jarak dan waktu untuk sampai ke tujuan.



9. Tuliskan lebih dari tiga aplikasi perkantoran yang sudah kamu kuasai!
  • Microsoft Word Office
  • Microsoft Excel
  • Microsoft Power Point
  • PDF Editor



10. Dari pertemuan pertama hingga pertemuan keenam, tugas-tugas apa saja yang sudah kalian kerjakan di blog? Tuliskan dengan lengkap alamat blog kamu!
  • rangkuman TIK kelas 8 bab 1: Jaringan Komputer: http://8f02alana.blogspot.com/2022/07/rangkuman-tik-kelas-8-bab-1-jaringan.html
  • aman bermedia digital: http://8f02alana.blogspot.com/2022/07/aman-bermedia-digital_25.html
  • ringkasan materi TIK: http://8f02alana.blogspot.com/2022/07/ringkasan-materi-tik.html
  • tugas keempat informatika (belum selesai dan masih di draft)
  • dan blog ini
alamat blog: 8f02alana.blogspot.com



11. Buatlah sebuat cover buku bagian depan dan belakang yang berjudul Belajar Informatika di Kelas 8! Buatlah dengan aplikasi Canva atau aplikasi lainnya yang sudah kamu kuasai!

Cover depan:
Cover belakang:


12. Setelah mempelajari setiap elemen Informatika di kelas VII, apakah kalian dapat membuat peta pikiran atau peta konsep yang mengoneksikan elemen-elemen tersebut menjadi pengetahuan yang utuh? Kalau dapat, silahkan dibuatkan peta konsepnya dari sudut pandangmu sendiri!




13. Pengalaman beraktivitas pada elemen yang mana yang paling berkesan dari 8 elemen informatika? Mengapa? Ceritakan dengan ringkas dan kalimat yang jelas!.

Algoritma dan Pemrograman (AP), karena saya suka membuat permainan pada scratch, menurut saya sangat seru dan menarik 



14. Apakah kalian dapat memberikan satu atau dua contoh pengalaman sehari-sehari kalian yang ternyata kalau dipikirkan kembali, adalah praktik dari informatika yang sudah dipelajari di kelas VII? Elemen apa yang menurut kalian merupakan muatan paling banyak dan paling penting?

pernah, contohnya adalah penerapan algoritma saat membuat jus dan membeli tiket bioskop

menurutku berpikir komputasional agar dapat menyelesaikan masalah dengan cermat dan efisien



15. Buatlah sebuah album dengan Microsoft power point yang berisi jadwal mata pelajaran kamu dari hari Senen sampai Jumat!

https://www.slideshare.net/secret/ieZ1xlJZkFzHx4



16. Jika harga gula PASIR sebungkus Rp. 30.000, berapa bungkus gula kalian dapatkan? Apakah masih ada uang tersisa yang kalian kembalikan kepada Ibunda atau Ibu?

bungkus yang kita dapat= 3, karena 30.000x3=90.000
kembalian= 10.000, karena 100.000-90.000=10.000



17. Tuliskan dengan ringkas, cara kalian menyelesaikan masalah tersebut!. Jika kalian lebih suka menggambar, kalian juga boleh menuliskan cara penyelesaian dengan gambar. Kalian bisa membuka buku (OPEN BOOK) halaman 26 dan 27 Buku Informatika kelas 8!

jawaban: B. penjelasan:
  • pilihan A salah karena adonan lingkaran akan berubah menjadi adonan segitiga
  • pilihan C salah karena adonan segitiga akan berubah menjadi adonan lingkaran, lalu adonan lingkaran akan berubah menjadi adonan segitiga
  • pilihan D salah karena adonan segitiga akan berubah menjadi adonan lingkaran, dan adonan lingkaran akan berubah menjadi adonan segitiga



18. Buatlah gambar dalam bentuk power point yaitu irisan buah kesukaan adik, buah kesukaan kakak, buah kesukaan adik atau kakak, dan buah kesukaan adik dan kakak!

https://www.slideshare.net/secret/KPxL7D0PvI9Oti



19. Tolong tuliskan langkah-langkah KAMU dalam membuat mie goreng!
  • siapkan mie goreng sesuai selera
  • buka bungkus mie goreng, lalu tuangkan bumbu mie goreng ke dalam mangkok
  • kemudian, rebus air hingga mendidih, lalu masukkan mie kedalam air mendidih selama 2 menit
  • setelah mie matang, tuangkan mie ke dalam mangkok lalu campurlah mie dengan bumbu



20. Buatlah slide presentasi singkat dari kunjungan museum ke Bogor sewaktu kalian kelas 7! (bagi yang tidak ikut, ceritakan keadaanmu saat itu)

https://www.slideshare.net/secret/5z7clbZwffCUOC


Comments

Popular posts from this blog

pengalamanku saat mengikuti acara Digital Labs SMP Labschool Jakarta

Bab 7: Algoritma Pemrograman